[PRAKTIS!] Cara Pembuatan Kolam Terpal Ikan Nila Sederhana

4.67/5 (3)

Budidaya Ikan Nila Dengan Menggunakan Kolam Terpal Sederhana

Budidaya Ikan Nila bukanlah suatu hal yang aneh dan langka saat ini. Menjamurnya budidaya ikan tawar serta tingginya permintaan pasar berdampak juga pada budidaya ikan Nila. Seyogyanya Ikan Nila adalah salah satu jenis ikan yang mudah dalam pemeliharaannya. Ditambah lagi saat ini budidaya tidak lagi dilakukan  dikolam tanah atau kolam beton yang memakan banyak lahan dan banyak timbul masalah.

Kini dengan inovasi dari peternak ikan tawar muncul budidaya dengan kolam terpal bulat. Kolam terpal jadi solusi yang menarik bagi yang ingin beternak, tapi terkendala lahan sempit. Karena kolam terpal ini bisa diletakkan dimana saja dan bisa dipindah.

Dari kolam terpal ini juga telah banyak peternak ikan tawar yang menuai kesuksesan. Namun, untuk memperoleh kesuksesan tersebut tidak hanya mengandalkan kolam terpal saja. Ada beberapa tips agar budidaya Ikan Nila pada kolam terpal bisa sukses;

  1. Kualitas Air

Setiap budidaya ikan, akan bergantung pada kualitas air yang digunakan. Pastikan bahwa air yang digunakan selalu bersih dan tidak berbau. Saat pembuatan kolam terpal ini menjadi pertimbangan penting karena akan mempengaruhi kualitas pertumbuhan ikan dalam kolam.

  1. Pembersihan Kolam Berkala

Kelebihan dari kolam terpal bulat adalah Anda tidak perlu setiap hari membersihkan kolam. Karena kolam ini telah dilengkapi dengan sistem yang mengubah kotoran ikan menjadi makanan yang berguna. Jadi kolam tidak terlalu keruh. Hanya membutuhkan beberapa kali saja untuk pembersihan kolam.

  1. Ukuran Kolam Seimbang Dengan Bibit Ikan

Perbandingan antara bibit yang akan ditebar dengan  luas kolam haruslah seimbang. Sebab apabila tidak sebanding akan terjadi kanibalisme yang nantinya juga akan berpengaruh dalam pemanenan.

  1. Pilih Lahan Terbuka

Seperti kolam tradisional pada umumnya bahwa pertumbuhan ikan juga dipengaruhi oleh cahaya yang diterima. Meskipun kolam terpal dapat diletakkan dimana saja dan dapat dipindah, alangkah baiknya jika kolam tersebut diletakkan pada tempat terbuka yang terjangkau sinar matahari.

  1. Pilih Benih Berkualitas

Pemilihan kolam terpal bulat yang cocok tidak jadi patokan utama kesuksesan saat panen. Pemilihan benih pun akan berpengaruh. Langkah yang harus Anda tempuh sebelum mendirikan kolam terpal adalah memilih benih yang berkualitas. Benih yang berkualitas akan menghasilkan ikan yang besar dan gurih.

Sebelumnya, jika anda baru bergabung dalam dunia budidaya ikan air tawar atau seorang pemula, anda wajib mengetahui sedikit banyak tentang budidaya ikan air tawar, khususnya ikan nila, hal ini dimaksudkan supaya anda memiliki wawasan tentang budidaya ikan air tawar. dan sebelum lanjut ke pembahasan selanjutnya, ada baiknya jika anda mempelajari artikel sebelumya tentang Panduan Lengkap Budidaya Ikan Nila, karena didalam artikel tersebut dijelaskan LENGKAP budidaya ikan nila secara detail.

Baik, lanjut Cara pembuatan kolam terpal bulat tidak akan memakan waktu lama karena pada umunya telah banyak tersedia kolam terpal bulat yang siap pakai dengan harga terjangkau. Bahan yang digunakan dalam pembuatan kolam terpal juga memilih bahan yang berkualitas. Bahan yang dipakai adalah semi karet bukan terpal plastik. Jadi dijamin tahan lama. Disamping itu besi yang digunakan sebagai penyangga juga tahan karat. Cocok digunakan untuk peternak Ikan Nila yang masih pemula dan minim modal.

Kelebihan Kolam Terpal Bulat dibanding Kolam Lainnya

Pasti akan muncul banyak pertanyaan dibenak orang, mengapa kini banyak yang beralih menggunakan kolam terpal utamanya kolam terpal bulat untuk melakukan budidaya ikan tawar. Utamanya Ikan Nila.

Bisa dipastikan kini perlahan kolam tradisional mulai ditinggalkan dan beralih pada kolam yang punya banyak inovasi dan kelebihan ini. kelebihan yang dipunyai oleh kolam terpal ini yang menarik banyak perhatian. Bisa Anda simak beberapa kelebihan yang bisa dijadikan referensi hingga Anda juga akan beralih ke kolam terpal bulat manakala ingin serius melakukan budidaya Ikan Nila;

1. Mudah Dalam Perawatan

Dibandingkan dengan kolam lain, kolam terpal bulat memang lebih praktis perawatannya. Untuk membersihkannya tidak harus setiap hari. Cukup dengan menguras airnya beberapa kali saja.

2. Ikan yang Dihasilkan Lebih Berkualitas

Sudah banyak yang membuktikan bahwa hasil ikan dari budidaya dengan kolam terpal lebih banyak, lebih besar dan artinya lebih berkualitas. Hal ini lah yang menjadi faktor utama mengapa kini banyak yang menggunakan kolam terpal

3. Hemat Lahan

Langkah pembuatan kolam terpal tidaklah rumit. Kolam jenis ini termasuk ramah bagi siapa saja yang ingin melakukan budidaya ikan dalam kolam. Sebab kolam ini tidak memakan banyak lahan, cocok bagi yang tidak punya lahan luas. Langkag pembuatannya tinggal mengikuti cara yang telah dipandukan dan kabar baiknya kolam ini telah siap pakai. Jadi tidak hanya hemat lahan tapi juga hemat waktu dan tenaga.

4. Biaya Terjangkau

Apabila Anda berpikir bahwa  untuk melakukan budidaya Ikan Nila harus merogoh kocek dalam, mungkin sudah saatnya Anda harus beralih menggunakan kolam terpal. Yang secara perhitungan otomatis tidak membutuhkan biaya terlalu banyak. Hanya dengan modal 2 jutaan saja Anda sudah bisa memulai usaha budidaya Ikan Nila.

5. Tahan Lama

Tidak hanya siap pakai, murah dan lengkap, kolam terpal bulat pun bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Umumnya bisa dipakai 5-6 tahun. Cukup lama bukan. Dalam kurun waktu tersebut pastinya keuntungan Anda sudah berlipat-lipat.

Kolam terpal bulat dengan segala macam kelebihannya nyatanya telah berhasil memikat banyak orang untuk segera beralih menggunakannya. Kolam terpal ini layak dan sangat cocok untuk Anda yang masih awam dan minim modal dalam budidaya ikan Nila, tapi ingin menghasilkan keuntungan yang berlipat.

Semakin tingginya permintaan pasar turut mempengaruhi penggunaan kolam terpal. Tingginya permintaan hanya bisa dipenuhi oleh media yang bisa menghasilkan ikan yang banyak dan berkualitas. Bagaimana apakah Anda telah siap menggunakan kolam terpal bulat yang menjanjikan ini?

BANTU KAMI UNTUK MENJADI LEBIH BAIK. BERIKAN RATING PADA KAMI :

Close Menu