Wow Pemberian Pakan ini Mempercepat Pembesaran Ternak Lele Bioflok

Wow Pemberian Pakan ini Mempercepat Pembesaran Ternak Lele Bioflok

5/5 (1)

Perhatikan Cara Pemberian Pakan Ternak Lele Bioflok di Kolam Terpal

Anda baru memulai ternak lele bioflok?

Kunci sukses budidaya ikan lele adalah pada pola pemberian pakannya.

Jika Anda ingin sukses budidaya ikan tawar pada media kolam terpal, Anda harus memperhatikan hal hal dibawah ini!

Bagi pemula, untuk melakukan budidaya ikan lele pada kolam terpal memang harus banyak belajar dari peternak peternak lele berpengalaman atau membaca referensi referensi dari beberapa sumber.

Mengapa banyak orang yang kini melakoni usaha budidaya ikan lele? Kebanyakan orang akan memilih usaha ternak lele bioflok dan ikan nila. Banyak alasan yang bisa membuat orang akhirnya melakoni profesi sebagai pembudidaya ikan.

Salah satunya ialah karena cara ini lah yang membuat banyak orang selalu penasaran ingin mempercepat pembesaran ternak lele bioflok. Bergantung dari niat awal peternak sebenarnya, ingin memulai ternak dengan sistem apa.

pakan ikan lele

Biasanya banyak orang suka sekali melakukan pembesaran untuk lele sangkuriang pada media kolam terpal. Karena banyak yang bilang lele ini rasanya sangat gurih dan lebih nikmat. Jangan sampai Anda merasa bahwa semua usaha bisa diawali dengan becanda, memang semua butuh keseriusan.

Salah satunya ialah dengan pemberian pakan ikan lele untuk pembesaran ikan yaitu sebagai berikut:

  1. Atur Jadwal Pakan Secara Teratur

Ada baiknya Anda selektif dalam pemberian pakan ikan lele secara teratur. Caranya sangat mudah yaitu dengan menentukan kapan  dan berapa kali pemberian. Setidaknya butuh waktu dua kali sehari, setiap pagi dan sore, atau pun 3 kali sehari waktu pagi, siang dan malam.

Pemberian pakan sebanyak 3 kali sehari, sebaiknya dilakukan setiap jam 8 hingga jam 9, siang pada waktu jam 1 hingga jam 2 dan malam saat jam 8 hingga jam 9. Pastikan Anda tidak melakukan pemberian pakan terlalu pagi, karena lele biasanya belum lapar.

  1. Ukuran Pelet dengan Ukuran Lele Sebaiknya Disesuaikan

Pelet ikan lele memang dijual dengan berbagai ukuran. Ukuran pertumbuhan ikan lele memang dimulai dari pelet kecil dan bertahap menjadi pelet yang ukurannya lebih besar. Pelet yang ukurannya terlalu besar memang sangat menyulitkan untuk makan.

  1. Sebaiknya Pelet Dibasahi

Lele merupakan ikan yang terbilang rakus dan selalu makan dalam jumlah besar. Pastikan Anda membasahi pelet agar lele tidak terlalu banyak makan pelet, sehingga perutnya tidak terganggu. Pastikan Anda melembabkan pelet dengan membasahi air sehingga volume peletnya mengembang.

Lele tentunya bisa makan pelet lebih banyak jika dalam kondisi kering dan belum dibasahi dengan air. Pelet kering akan mengembang dalam perut lele, sehingga sesak dan kesehatan lele akan terganggu sehingga bisa terjadi kematian. Ikan yang mengalami kekenyangan biasanya akan terlihat miring dan mengapung.

  1. Tambahkan Probiotik

Sebaiknya pakan dicampur dengan probiotik dan vitamin. Probiotik dapat menjaga kualitas air dan dapat menguraikan sisa bahan organik dalam kolam terpal sehingga kesehatan tetap terjaga.

BACA JUGA : Panduan Ternak Lele Bioflok Tingkatkan 10x Lipat Hasil Panen

panen ikan lele

  1. Pemberian Makan Secukupnya

Pemberian makan dapat dilakukan dengan cara menebarkan berangsur-angsur dan jangan dilempar ke dalam kolam. Tentunya ikan bisa terlihat tidak bernafsu sehingga penebaran pakan bisa dihentikan. Sebagian besar pelet yang tersisa tentunya tenggelam di dasar kolam sehingga kualitas air kolam bisa terganggu.

Pemberian pakan tambahan yang membuat langsung tenggelam seperti bekicot dan keong, akan membuat air kolam terpal kualitasnya terus menurun secara drastis. Sisa makanan yang tenggelam di dalam kolam selalu menurunkan pH air sehingga sifatnya asam.

Perhatikan banyaknya pemberian pakan sebaiknya pagi, siang dan malam dengan jam tertentu. Sebab nafsu makan ikan lele bisa lebih tinggi dan selalu ingin tambah.

  1. Penebaran Merata

Sebaiknya Anda menebarkan pakan secara merata dalam ternak lele bioflok, sehingga tingkat kepadatan yang tinggi dapat. Kepadatan kolam secara tinggi tentunya sangat menyulitkan ikan dalam bergerak untuk mendapatkan pakan.

Penebaran pakan secara merata dapat membuat ikan mendapatkan kekenyangan yang sesuai dengan aturan. Penebaran tidak merata biasanya akan membuat ikan lele memiliki ukuran yang jauh berbeda.

  1. Pastikan Kolam Terpal Ikan Selalu Tenang

Pastikan Anda melakukan pemberian pakan dengan menjaga kondisi kolam agar tetap tenang sehingga tidak dimuntahkan lagi dari ikan. Pastikan Anda menjauhi aktivitas yang mengganggu pencernaan makanan ikan seperti proses penggantian air, menaburkan kapur atau garam,  dan jaring untuk penangkapan ikan.

cara pemberian pakan ikan lele

  1. Jangan Berikan Pakan Mentah

Pakan tambahan yang diberikan kepada lele jangan sampai berupa pakan mentah seperti ayam mati, bekicot, keong mas, dan lainnya untuk mengurangi biaya pakan. Pakan dari daging mentah memang harus direbusi hingga matang. Anda dapat menghindari ikan yang cenderung ganas sehingga memangsa ikan yang ukurannya berbeda atau kanibalisme.

Pakan ikan lele yang berupa daging mentah, sebaiknya direbus terlebih dahulu sehingga kuman penyakit yang ada di dalamnya memang harus dimatikan. Berbagai bahan pakan ikan lele harus dipastikan sehat dan terhindar dari penyakit yang ditimbulkan oleh adanya daging mentah.

Kolam Terpal untuk Pembesaran Ternak Lele Bioflok

Anda yang sedang konsen dalam menjalani usaha budidaya ikan lele, haruslah memperhatikan pakan yang dikonsumsi. Jangan sampai salah. Kemudian pastikan Anda pilih kolam terpal yang kualitasnya unggul. Kolam terpal akan membuat pembesaran ikan lele lebih baik.

Ternak lele bioflok memang harus diperhatikan pola pemberian pakannya sehingga kerugian dalam budidaya lele bisa diminimalisir.

Anda bisa menggunakan kolam terpal bulat jika ingin mengurangi tingkat kematian lele. Lele tentunya merupakan ikan yang sangat berkualitas tinggi jika dibudidaya dengan baik. Peminatnya pun juga banyak. Jangan ragu melakukan ternak lele bioflok untuk menjadi jutawan!

jual kolam terpal bulat siap pakai

Kolam terpal bulat pada ternak lele bioflok sangat direkomendasikan apalagi bagi pemula. Banyak kelebihan yang diberikan dari pemakaiannya. Apalagi kolam terpal fullset yang sudah dilengkapi dengan saluran pembuangan kotoran yang mengendap dan kelengkapan lainnya.

Anda bisa memesan kolam terpal bulat siap pakai di produsen kolam terbaik Duniaterpal.com. Kami telah mengirim ribuan kolam ke berbagai penjuru daerah.

Anda ingin memesan? Hubungi 0812-5931-1689 dan buktikan sendiri kualitas kami.

BANTU KAMI UNTUK MENJADI LEBIH BAIK. BERIKAN RATING PADA KAMI :

Close Menu