Harga Kolam Terpal Bulat Siap Pakai dan Cara Pemasangannya

Harga Kolam Terpal Bulat Siap Pakai dan Cara Pemasangannya

5/5 (4)

Intip Konsep Ternak Lele Bioflok untuk Panen Besar Ikan Sangkuriang di Kolam Terpal

Kolam terpal pada ternak lele bioflok – Ada banyak orang yang penasaran dengan ternak lele bioflok. Ikan lele dan ikan nila sebenarnya tergolong sebagai ikan yang tahan dalam kondisi apapun.

Tapi budidaya lele yang dilakukan secara khusus tentunya akan menghasilkan sesuatu yang maksimal.

Ada banyak alasan kenapa para petani beralih ke kolam terpal bulat.

Anda pemula dan masih bingung cara pembuatan kolam terpal? Anda harus tahu hal hal dibawah ini!

Cara budidaya dengan sistem bioflok adalah dengan menggunakan kolam terpal. Sistem bioflok memang dinilai sebagai cara budidaya yang efektif dan dapat mendongkrak produktivitas karena produksi lele bisa lebih banyak tapi biaya yang dikeluarkan lebih hemat jika dianalisa dari segi keuntungan.

budidaya lele di kolam terpal

Sistem bioflok pada kolam terpal sebaiknya diterapkan pada lele sangkuriang agar hasil panennya lebih maksimal. Pengertian sistem bioflok merupakan sistem yang dilakukan untuk memelihara ikan dengan cara menggunakan mikroorganisme yang fungsinya digunakan untuk mengolah limbah yang berupa gumpalan kecil seperti flok yang sangat memberi manfaat bagi bahan makanan alami ternak ikan.

Ada beberapa langkah untuk melancarkan usaha ternak lele bioflok pada kolam terpal sebagai berikut:

  1. Pembuatan Kolam Terpal

Sebaiknya Anda melakukan penghematan biaya kolam sehingga membuat budidaya lele lebih efisien. Kolam terpal dapat diperkuat dengan tulang atau pun rangka bambu dan besi. Sebaiknya ukuran kolam sesuai dengan lahan yang ada.

Patokan ukuran yang luas dan ideal ialah per 1m3 dapat menampung ikan lele sekitar 1000 ekor. Dibandingkan dengan kolam konvensional yang hanya 100 ekor. Kolam harus diberi atap sehingga terhindar dari radiasi matahari langsung.

  1. Pembesaran Bibit Lele pada Ternak Lele Bioflok

Anda dapat melakukan pembesaran bibit ikan lele pada kolam terpal diawali dengan pengisian air yang tingginya 80 hingga 100 cm. Kemudian hari kedua, masukkan saja probiotik atau bakteri pathogen dengan besaran 5ml/m3 yang dapat dibeli di berbagai toko terdekat.

Hari ketiga, masukkan saja pakan bakteri atau molase per 250 ml/m3. Kemudian diamkan kolam selama 7 hari sehingga mikroorganisme bisa bertumbuh secara baik.

BACA JUGA : Wow Pemberian Pakan ini Mempercepat Pembesaran Ternak Lele Bioflok

ukuran benih ikan lele

  1. Penebaran Benih Ikan Lele

Sebaiknya benih ikan lele berasal dari induk unggul yang bisa bergerak aktif. Pastikan ukuran dan warnanya seragam sehingga tidak kanibal. Kemudian pastikan organ tubuhnya lengkap sehingga bisa tumbuh secara sempurna.

  1. Pemberian Pakan

Sebaiknya perhatikan cara pemberian pakan ikan lele dengan sistem aerasi. Kelola dengan baik yaitu dengan memberinya makan sebanyak dua kali sehari atau pagi dan sore. Dosisnya cukup 80% saja dari daya kenyang.

Setiap minggu ikan dipuasakan sebanyak satu kali agar pakan fermentasi dan probiotik dapat menyatu. Setalah muncul flok sebanyak 30%, kurangi saja pemberian makannya. Anda dapat menghitung ini dengan baik.

Harga Kolam Terpal Bioflok Beserta Spesifikasi Lengkapnya

Buat Anda yang ingin ternak lele bioflok, tentunya penasaran dimana mencari kolam yang biasa digunakan sebagai budidaya ikan lele dengan sistem bioflok bukan? Salah satunya memang Anda harus memperhatikan perkembangan harga yang dijual di pasaran.

Harga kolam terpal bulat untuk sistem bioflok memang bergantung dari diameternya. Untuk diameter 1 meter dibanderol dengan harga Rp 1 juta, diameter 2 meter harga Rp 1,5 juta, diameter 3 meter harga Rp 2 juta, dan diameter 4 meter harga Rp 4 juta.

Spesifikasi dari kolam terpal yang bisa Anda beli ialah sebagai berikut:

  1. Terbuat dari tarpaulin karet
  2. Rangka besi terdiri dari 5 wiremesh
  3. Pelapis rangka anti karat
  4. Terdapat pelindung pada rangka besi atas
  5. Koneksi rangka dengan plat L
  6. Ada terpal talang luarnya
  7. Pipa sambungan kuat
  8. Pipa water flow siap pakai
  9. Terdapat saringan air yang kuat
  10. Dilengkapi kabel ties pada rangkaharga kolam terpal

Bagaimana sobat pemula? Siap mencoba usaha ternak lele? Pilih saja jenis ikan sangkuriang yang dikenal dengan rasanya yang gurih. Pastikan menggunakan sistem bioflok agar lebih hemat. Siap melakukan ternak lele bioflok?

Hubungi 0812-5931-1689 untuk memesan kolam terpal bulat siap pakai seperti spesifikasi diatas.

Cara Pemasangan Kolam Terpal Bulat

BACA JUGA : Panduan Ternak Lele Bioflok di Kolam Terpal

BANTU KAMI UNTUK MENJADI LEBIH BAIK. BERIKAN RATING PADA KAMI :

Close Menu