Analisa Usaha Budidaya Udang Vaname di Kolam Terpal Terlengkap

Analisa Usaha Budidaya Udang Vaname di Kolam Terpal Terlengkap

3.96/5 (27)

Mengapa Kolam Terpal Menjadi Pilihan?

Pernah dengar soal tambak udang vaname?

Udang vaname ialah udang yang berasal dari daerah yang memiliki iklim sub tropis. Usaha tambak udang vaname merupakan usaha yang memiliki peluang untuk sukses.

Jangan khawatir untuk berbudidaya udang vaname karena memang usaha budidaya udang vaname dipastikan laku keras, mengingat pecinta udang di Indonesia sudah sangat lah banyak.

Apabila Anda masih pemula, sebaiknya memperhatikan persoalan modal usaha yang lebih irit dan hemat. Jangan sampai modal usaha membuat Anda menjadi khawatir dalam memulai budidaya nantinya sehingga Anda harus memperhatikan estimasi biaya.

budidaya udang vaname di kolam terpal

Budidaya udang vaname sangat dianjurkan menggunakan kolam terpal. Sebab ada beberapa alasan yang membuat kolam terpal cocok untuk digunakan ialah sebagai berikut:

1. Lebih Irit

Kolam terpal sangat cocok digunakan sebagai usaha budidaya udang vaname karena biaya pembuatan kolam tanah harganya sangat mahal. Proses pembuatan kolam tanah juga sangat lama sehingga tidak cocok digunakan sebagai usaha udang vaname.

2. Tingkat Hidup Lebih Tinggi

Kolam terpal dapat membuat usaha tambak udang vaname tingkat hidupnya menjadi lebih tinggi. Alasannya karena memang kolam terpal sehat untuk digunakan budidaya udang. Bandingkan dengan kolam tanah yang cenderung bisa terkena dampak racun yang mematikan.

3. Kualitas Udang Lebih Baik

Penggunaan kolam terpal dibilang lebih mudah perawatannya, untuk pengurasan atau pun panen juga bisa lebih hati-hati. Terhindar dari racun tanah sehingga udang vaname yang dibudidaya rasanya gurih dan enak. Anda bisa menggunakan kolam terpal jika udang vanamenya mau dijual di rumah makan.

Lalu bagaimana kolam terpal yang telah memenuhi standart budidaya yang baik dan berapa harganya?

Akan saya bahas pada bagian akhir artikel ini ya.

BACA JUGA : Cara Sukses Budidaya Udang Vaname Air Tawar di Kolam Terpal

Modal Awal Usaha Budidaya Udang Vaname yang Dibudidayakan di Air Tawar

Anda harus menghitung estimasi biaya usaha tambak udang vaname sebelum melakukan usaha. Biaya pembuatan kolam, pembibitan, perlengkapan, dan lainnya harus yang terbaik. Adapun yang bisa Anda lihat rinciannya sebagai berikut:

Biaya Investasi Awal :

1 Unit kolam terpal bulat D 5 meter  Rp          3.000.000
1 unit aerator  Rp              650.000
1 pengukur suhu  Rp                20.000
1 pengukur pH  Rp                80.000
TOTAL  Rp          3.750.000


Selain biaya investasi tersebut, maka Anda juga membutuhkan estimasi biaya lainnya sebagai berikut:

1 Rean/5000 ekor BENUR PL-15 Vaname air tawar  Rp              150.000
100 kg pakan udang protein 38%  Rp          1.500.000
1 paket probiotik  Rp              100.000
1 paket pupuk  Rp                90.000
1 paket garam, vitamin dan mineral  Rp              150.000
TOTAL  Rp          1.990.000

Keuntungan Budidaya Udang Vaname di Kolam Terpal yang Bisa Anda Raih

Anda perlu memperhatikan estimasi biaya usaha tambak udang pada media terpal dengan lebih cermat. Biaya pembuatan budidaya tambak udang vaname harus diusahakan secara matang juga harus mempertimbangkan harga kolam terpal.

Klik disini untuk mengetahui harga kolam yang telah memenuhi standart budidaya.

Adapun perkiraan keuntungan yang didapat ialah sebagai berikut:

PENJUALAN
Panen size 50 : 75 kg x Rp 125.000  Rp          9.375.000
TOTAL LABA
Penjualan – Biaya produksi
Rp 9.375.000 – Rp 5.740.000  Rp          3.363.500
TOTAL LABA JIKA 10 KOLAM BULAT
10 x Rp 3.633.500 Rp          36.633.500
PENDAPATAN DALAM 1 TAHUN 3 KALI SIKLUS :
3 x 36.633.000  Rp      109.899.000

Investasi awal dan biaya operasional selama 3 siklus sudah bisa kembali dan Anda mendapatkan keuntungan sekitar Rp. 109.899.000

Tertarik Usaha Budidaya Udang Vaname di Kolam Terpal?

Berdasarkan penghitungan modal usaha tambak udang tersebut, Anda dapat mengetahui estimasi biaya yang dibutuhkan. Biaya pembuatan usaha udang memang cukup fantastis, tapi memang nominalnya cukup besar sehingga harus hati-hati.

Anda harus serius dalam menjalani hari sebagai pembudidaya udang vaname.

Modal usaha tambak udang tidak kecil, keuntungan tidak kecil, sehingga butuh persiapan dan penghitungan yang sangat matang.

Tapi kalau Anda berani menjamin biaya pembuatan kolam diminimalis dengan membeli kolam terpal tentu akan semakin besar peluang Anda untuk menjadi pengusaha tambak udang yang sukses.

Kesuksesan tidak bisa dibeli, harus dimulai dari nol. Anda bisa menjadi pengusaha yang berhasil jika sudah memulai dari nol dan menemui berbagai hambatan di tengah jalan. Pilihan Anda untuk menggunakan kolam terpal sudah sangat sesuai.

panen udang vaname

Anda bukan hanya memperhatikan berapa keuntungannya, tapi juga orientasi kualitas tambak udang yang Anda panen harus disukai. Salah satu cara agar tetap disukai ialah dengan melakukan budidaya udang dengan cara-cara yang sesuai.

Anda bisa melakukan analisa usaha budidaya udang dengan menggunakan kolam terpal secara baik. Anda jangan khawatir dengan berbagai macam tantangan yang dibutuhkan. Anda tidak perlu minder jika masih pemula. Anda bisa belajar dari nol dan belajar dari budidaya udang yang sudah lebih dulu paham mengenai modal usaha dan cara penanganannya.

Anda dapat memulai usaha budidaya udang vaname dengan menggunakan kolam terpal yang telah dirancang khusus sehingga kuat dan terjamin kualitasnya dari  duniaterpal.com. Lihat daftar harga kolam terpal.

Semoga bermanfaat.

BANTU KAMI UNTUK MENJADI LEBIH BAIK. BERIKAN RATING PADA KAMI :

Close Menu